Sabtu, 18 Juni 2011

HINDARI CEDERA SAAT OLAHRAGA

Dalam menjalani hidup yang terasa semakin penat dan penuh rutinitas, aktivitas berolahraga menjadi sangat penting untuk dilakukan. Saat ini kebutuhan untuk berolah raga telah menjadi perhatian sebagian besar lapisan masyarakat. Kesadaran berolah raga tentu menjadi kondisi yang akan berdampak baik bagi kesehatan masyarakat itu sendiri, untuk melepaskan/meminimalisir mampirnya penyakit-penyakit tubuh yang semakin hari seakan mengancam kondisi kesehatan kita akibat rutinitas dan kepenatan bekerja.

Olahraga sesungguhnya memang penting untuk menjaga kesehatan tubuh, namun harus memperhatikan beberapa cedera yang dapat menimpa tubuh kita disaat kita menjalankan aktivitas berolahraga. Cedera pada saat berolah raga dapat diakibatkan oleh kesalahan dalam kita berolahraga, sekalipun olahraga yang kita lakukan adalah yang paling sederhana, jogging misalnya.

Jogging atau lari-lari kecil merupakan olah raga murah dan dapat dilakukan kapanpun dan dimana pun. Wajarlah apabila jenis olahraga ini menjadi pilihan utama bagi banyak orang untuk menciptakan tubuh bugar.

Namun sebelum melaksanakan aktivitas ini, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan, terutama bagi mereka yang memiliki gangguan tubuh yang serius. Hasil dari konsultasi dengan dokter ini untuk mendapatkan informasi besarnya porsi latihan yang dapat dilakukan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentu saja harus didukung perlengkapan yang baik pula. Misalnya sepatu. Yang akan dipergunakan selama berolahraga memiliki bantalan pada tumit dan pergelangan kakiyang mampu memberikan kenyamanan saat digunakan. Hindari agar sepatu yang dipergunakan berolahraga justru memberikan sebuah cengkeraman yang berlebih pada kaki. Selain itu jangan lupa untuk memastikan bahwa sepatu tersebut memiliki kelenturan yang cukup untuk dipergunakan.

Setelah semua persiapan dilakukan, lakukan terlebih dahulu peregangan atau pemanasan selama lima menit agar otot tidak menjadi kaku, terutama bagi orang yang jarang melaksanakan aktivitas olahraga.

Untuk yang tidak biasa melakukan olahraga jogging, karena olahraga ini dianggap sangat membosankan, dapat mengatasinya dengan mengajak teman sebagai teman ngobrol atau sambil mendengarkan MP3 Player. Apabila anda mampu melakukannya untuk menghindari kebosanan jogging, fokus kepada jogging, serta tidak terlarut dalam obrolan selama jogging. Hal ini untuk menjaga dan meminimalisir resiko cedera pada saat berolahraga.

Rute jogging dapat ditentukan berubah-ubah agar mendapat pemandangan baru. Dapat pula memanfaatkan fasilitas jogging track yang mungkin tersedia.

Saat telah terbiasa berolahraga, maka porsi latihan sebaiknya ditingkatkan sesuai dengan ondisi dan kemampuan tubuh masing-masing.

Yang pasti, jenis olahraga apapun yang dilakukan, apabila terdapat bagian tubuh yang terasa sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar